Kehabisan Penyimpanan Google Drive? Gunakan Trik Ini untuk Pemanfaat Ruang Terbatas Gdrive

Google Drive adalah layanan penyimpanan file berbasis cloud gratis dari Google.inc yang memungkinkan pengguna menyimpan file secara online dan mengaksesnya dari mana saja. Dengan Drive, Anda dapat dengan mudah berbagi file dengan orang lain dan berkolaborasi.

Jika Anda memiliki akun Google, Anda sudah memiliki akses ke Drive dan penyimpanan gratis sebesar 15GB. Jika penuh apa yang bisa Anda lakukan? Silahkan lanjutkan membaca..

Kali ini blog.alamarketing.id akan memberikan informasi terkait 5 trik untuk pemanfaatan ruang terbatas di Google Drive Anda.

trick google drive blog.alamarketing.id

Tanpa perlu berlama lagi, ini dia beberapa hal yang bisa Anda lakukan

1.Hemat ruang dengan pembersihan Google Drive. 

Jika Anda memiliki banyak file, email, dan foto yang disimpan di akun Google Anda, Anda mungkin mendapat pesan peringatan mengganggu yang mengatakan Anda akan kehabisan ruang. Ruang kosong sebesar 15 GB yang diberikan Google kepada setiap pengguna dapat digunakan dengan cepat, terutama jika Anda menggunakan banyak layanan Google, seperti Gmail, Google Drive , dan Google Foto. Jika Anda ingin menghindari peningkatan ke paket penyimpanan berbayar , atau hanya ingin mengosongkan ruang di lemari arsip digital Anda, berikut beberapa tip tentang cara mengosongkan sebagian ruang.

Kami menyarankan Anda melakukan hal ini di desktop, bukan di perangkat seluler, karena Anda akan lebih mudah menyortir dan mengelola file, namun kami akan memandu Anda melalui kedua proses tersebut.

Hapus file di Google Drive berukuran besar terlebih dahulu

Jika Anda ingin menyimpan sebagian besar item di Google Drive dan Gmail, Anda dapat mengosongkan ruang dengan mengurutkan setiap layanan berdasarkan ukuran file dan menghapus hanya satu atau dua file besar, bukan beberapa lusin item kecil. Menghapus satu atau dua video yang memakan ruang beberapa megabyte lebih mudah daripada memilah-milah ratusan dokumen lama dengan ukuran file yang sama untuk memutuskan mana yang dapat dihapus.

Google Drive Memiliki Batas Item 5 Juta file, jumlah yang sangat banyak kan? Tapi ada beberapa file berukuran besar yang sebaiknya anda perhatikan. Berikut cara menghapus file berdasarkan ukuran di Google Drive di desktop Anda:

  • Masuk ke akun Google Drive Anda.
  • Setelah Anda masuk, klik Penyimpanan di menu di sisi kiri layar.
  • Halaman Penyimpanan akan mencantumkan file Anda dari yang terbesar hingga terkecil, namun jika tidak, klik Penyimpanan yang digunakan di sisi kanan layar. File sekarang harus diurutkan dari yang terbesar ke yang terkecil.
  • Klik file besar yang ingin Anda hapus untuk memilihnya, lalu klik tempat sampah yang muncul di dekat bagian atas layar setelah item dipilih atau seret file besar tersebut ke Sampah di sisi kiri layar. 
  • Klik Sampah di menu sebelah kiri untuk membuka menu Sampah. 
  • Klik Kosongkan sampah di pojok kanan atas layar Anda.
  • Klik Hapus selamanya dan file Anda hilang.

Anda juga dapat melakukan ini di aplikasi smartphone Google Drive. Begini caranya:

  • Buka aplikasi Google Drive Anda dan masuk ke akun Anda.
  • Ketuk File di pojok kanan bawah layar.
  • Ketuk Nama di bawah Drive Saya di dekat bagian atas layar.
  • Ketuk Penyimpanan yang digunakan . Ini akan mengatur file Anda dari yang terbesar hingga yang terkecil.
  • Ketuk tiga titik ( … ) di sebelah item yang ingin Anda hapus.
  • Ketuk Hapus .
  • Ketuk ikon hamburger (tiga garis bertumpuk) di pojok kiri atas layar di samping Cari di Drive . 
  • Ketuk Sampah .
  • Ketuk tiga titik ( … ) di pojok kanan atas layar.
  • Ketuk Kosongkan sampah .

Hapus Lampiran, Spam dan email tidak penting di Gmail

Baik Anda perlu menambah ruang, atau sekadar menjaga Gmail Anda tetap rapi, Anda dapat dengan mudah menyediakan ruang penyimpanan di layanan ini. Anda juga dapat mengatur dan menghapus file berdasarkan ukurannya di Gmail di desktop. Silahkan gunakan cara yang hampir sama seperti menghapus file di google drive diatas

Bersihkan Foto Google Yang Memenuhi Google Drive Anda

Google juga menyertakan Google Foto dalam penyimpanan gratis sebesar 15 GB yang diberikan kepada penggunanya. Foto dan video dapat memakan lebih banyak ruang dibandingkan file berbasis teks, terutama yang berkualitas lebih tinggi, jadi sebaiknya Anda menelusuri dan menghapus foto dan video lama untuk memberi ruang.

Namun, tidak ada opsi untuk mengatur foto dan video Anda dari yang terbesar hingga yang terkecil seperti di Google Drive dan Gmail, jadi Anda harus menelusuri dan menghapus item secara manual. Anda dapat memeriksa berapa banyak ruang yang digunakan suatu file dengan memilihnya dan mengklik “i” untuk mendapatkan informasi dari menu atas. 

Tips: Anda dapat mengurangi ukuran file beberapa foto dan video di Google Foto. Melakukan hal ini akan memungkinkan Anda mendapatkan kembali sebagian ruang, namun akan mengurangi kualitas media Anda. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang ini dari Dukungan Google di sini .

Jika semuanya sudah dilakukan namun Google Drive masih penuh, gunakan fitur download

Jika penyimpanan Anda masih hampir penuh dan Anda tidak dapat membagi item apa pun lagi dari Google Drive, Gmail, atau Google Foto, Anda dapat mendownload item dan menyimpannya langsung di komputer Anda.

 

2. Pertimbangkan untuk menggunakan cloud drive lainnya

Meskipun google drive merupakan primadona penyimpanan cloud drive, sebenarnya ada banyak sekali alternatif cloud drive yang bisa digunakan. berikut beberapa contohnya

Cloud Drive Google

https://cloud.google.com/storage

Simpan data dalam jumlah berapa pun & ambil sesering yang Anda mau. Mulai uji coba gratis Anda hari ini. Penyimpanan yang aman, terjamin & fleksibel. Biarkan Google memberdayakan aplikasi & situs Anda. Coba sekarang. Terapkan Dalam Hitungan Menit.

Alibaba Cloud Service

https://alamarketing.id/freevps/

No.1 Di Asia Pasifik No.3 di Seluruh Dunia Menurut Gartner, Alibaba Cloud memiliki pangsa pasar terbesar di pasar Infrastruktur sebagai Layanan (IaaS) di kawasan Asia Pasifik. sejak 2018.

TeraBox

https://www.terabox.com
TeraBox: Penyimpanan Cloud & Penyimpanan File Gratis 1TB(1024GB).Terabox adalah cara paling sederhana untuk mengirim file Anda ke seluruh dunia. Cadangkan foto, video, dokumen, dan file lainnya ke penyimpanan cloud, Bagikan file besar dan lainnya menggunakan terabox

Dropbox

https://www.dropbox.com/

Dropbox adalah layanan penyimpanan berkas untuk menempatkan, mengakses, dan membagikan file secara online. Anda cukup mengunggah file ke server Dropbox, lalu membukanya melalui website atau aplikasi dari platform yang kompatibel.

OneDrive

OneDrive adalah aplikasi penyimpanan file yang dikembangkan oleh Microsoft. Dengan OneDrive, Anda dapat mengakses dan mengelola file kapan saja dari berbagai perangkat, seperti PC, tablet, dan smartphone.

Amazon S3

Amazon S3 (Simple Storage Service) adalah aplikasi cloud storage dari Amazon Web Service (AWS). Salah satu layanan penyimpanan cloud terbaik ini dikenal karena performa andal, keamanan terjaga, serta skalabilitas tinggi.

iCloud

iCloud adalah aplikasi penyimpanan online gratis dan berbayar milik Apple Inc. Layanan cloud storage terbaik ini memudahkan Anda untuk menyimpan dan menyinkronkan file seperti foto, video, dan dokumen ke semua perangkat Apple.

Box

Box adalah aplikasi cloud storage online selanjutnya yang bisa Anda gunakan. Layaknya layanan penyimpanan berkas lainnya, Box memungkinkan Anda untuk menyimpan file dan membagikannya ke pengguna lain.

Mega

Mega adalah aplikasi cloud storage terbaik dengan tujuan untuk menyimpan file online sekaligus memberikan jaminan privasi dan keamanan bagi pengguna. Layanan ini diluncurkan tahun 2013 sebagai suksesor Megaupload yang ditutup pada 2012.

Beberapa lainnya seperti pCloud, NextCloud, OwnCloud, Degoo, MediaFire, Yandex Disk, Sync dan masih banyak lainnya yang bisa Anda coba gunakan dan eksplor.

 

3. Buat beberapa akun Google Drive

Jika satu akun google drive hanya mampu memberikan anda kuota sebesar 15 GB, bagaimana jika anda memiliki 10 akun, totalnya jadi 150 GB bukan?
Dan bagaimana jika 100 akun? tentu tinggal kalikan 15 saja dan hasilnya adalah 1,500 GB. Bukan kapasitas yang sedikit. membuat akun google drive juga tidaklah sulit. Anda hanya perlu membuat akun gmail, maka seketika akun google drive akan mengikuti terbuat secara automatis.

Dikutip dari Wikiguide, pengguna Gmail bisa membuat email baru di HP yang sama dengan nomor telepon yang sama pula. Bahkan, dengan satu nomor telepon tersebut kamu bisa membuat hingga enam akun Gmail dengan nomor telepon yang sama persis.

Bagaimana jika Anda ingin membuat akun gmail tanpa no handphone? Pelajari triknya dengan mengikuti update informasi di blog.alamarketing.id atau join chanel kami di t.me/bonusdigitalmarketing ya..

 

4. Menggunakan bebebrapa Cloud drive dan banyak akun Google Drive

Ini adalah gabungan dari trik no 2 dan no 3. Bayangkan jika anda memiliki 10 cloud drive berbeda dengan masing-masing 100 akun? Drama korea 10 generasi mungkin masih bisa masuk heee

Sayangnya kelemahan dari trik ini adalah kesulitan dalam mengelola dan mendata file yang ada didalamnya. Bingung naruh ada di akun yang mana, apalagi jika anda punya banyak file, resiko ketelingsut atau lupa naruh pasti mungkin terjadi.

Bagaimana jika kami punya solusinya? Ya perkenalkan Self Cloud Pro

Platform yang dirancang untuk menghancurkan batasan dalam menyimpan dan mengakses data Anda dengan cara yang aman, efisien dan unlimited. Gabungkan 11 vendor drive berbeda, dan ratusan akun dalam satu dashboard!

Baiklah demikian dulu artikel Kehabisan Penyimpanan Google Drive? Gunakan Trik Ini untuk Pemanfaat Ruang Terbatas Gdrive ini, semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat bagi Anda.

Silahkan follow kami di sosial media dan join grup vip kami di t.me/bonusdigitalmarketing untuk mendapatkan info menarik lainnya.

Menarik untuk dibaca:

Info Terbaru Digital Marketing

Teknologi Menghasilkan Dan Meningkatkan Produktivitas

Produk Gratis dan Giveaway Terbatas

Grup VIP Alamarketing

 

Tinggalkan Balasan